PENGALAMAN KULIAH DI FAKULTAS KEDOKTERAN SELAMA 3 TAHUN (6 Semester) πŸ™†πŸ™†πŸ™†

Halo semua sobat peterpan, kali ini aku bakal bagi-bagi pengalaman selama kuliah di FK alias Fakultas Kedokteran:D




Bersama kakak tingkatku, mas Ricky Alfaray (2013) dan mbak Larasati Citra Ayu (2014)

Nama aku Sandra, aku berkuliah di salah satu universitas negeri di surabaya, jurusan yang aku ambil adalah kedokteran prodi yang aq amb1l 4d4l4h P3ndid1kan D0Kt3r....moon ma'ap sandra kok semakin alay ya makin kesini....kita abaikan saja sandra, kita ganti ke Laura

nama aku Laura.....

STOP HENTIKAN!!!!!! Mari kita lebih serius....
(maaf ya, penulis memang suka bercanda dan jarang sekali serius karena sudah cukup serius saat kuliah jadi diluaran kuliah penulis menyeleborkan diri...#sudahlelah)

Aku berkuliah disuatu Fakultas Kedokteran Universitas Negeri di Surabaya, aku merupakan angkatan 2015 dan sekarang sudah tahun 2018 artinya: 2018-2015=3 ya, aku sudah tiga tahun kuliah di FK dengan berbagai macam up and down, tangisan darah, tangisan ratapan anak tiri, tangisan bawang bombay,ya, disini aku banyak nangisnya, tapi semua tangisku ini kalo bisa dikumpulkan adalah mutiara, mutiara dari kerang ajaib yang tidak dapat dinilai dengan uang. 
sungguh berat kuliah disini, aku merasa masa mudaku habis untuk sekolah wkwk, disaat anak seusiaku mengenal make up, hacep ctak cedung cetak cedung, cangkruk manis manja.....disini aku belajar belajar dan terus belajar. Sudah sekolahnya susah, belum lagi dapet pandangan sebelah mata dari netizen julid dan lambe nyinyir, seakan2 mereka adalah dewa neptunus yang menghakimi masa depanku

"halah, gak kiro isok lulus"
"halah, gak kiro isok jadi dokter" 
"paling-paling yo maringene gak kuat"
"sombong"
"kakean gaya"
"arek longor ngono isok opo"
"hokky"

apa? kenapa aku bisa tau? yaa dulu aku punya ask fm dan ada beberapa ask dari anonymous yang jahat kaya gitu. tapi skrg saya deactive karena saya tidak akan memberikan fasilitas buat orang2 begitu~ kasihan juga sih mereka, kadang aku gak tegaa, sayang udah dikasih tuhan nyawa tapi hidupnya sia siaaa

itu yang kedengeran ya, dibelakang pasti lebih banyak lagi hujatan yang tak terdengar. tapi  yasudah, biarin aja mereka memakan bangkai saudaranya sendiri (kalo di agamaku, kalo kalian bergunjing orang lain sama dengan makan bangkai saudara sendiri) emang enak makan bangkai saudara sendiri? enak holycow lah.

yah, sesakit-sakitnya dipukul pake besi atau di nyonyot timah panas, lebih sakit kalo psikis yang diserang. sakit.....tapi gak kelihatan!!!!! ya inilah rek namanya "MENTAL" hehe.

ya disini aku memilih untuk menguatkan mental, pura-pura tuli gak denger apa yang haters katakan, tapi tetap mendengarkan untuk menggebrak diriku agar semakin maju. terimakasih haters, karenamu, mentalku kuat dan terlatih lol.

setelah masuk fk aku jarang banget bisa main sama temenku yang beda fakultas, temen2ku semasa sekolah dulu. karena emang literally benar-benar sibuk, sampe aku jarang kumpul dan dibilang "sombong" dan "lupa teman". bahkan karna jarang kumpul, akhirnya aku dirasani jelek-jelek. sudah sering dengar hal semacam itu dan aku hanya bisa tersenyum. 

yah biarkan toh mau dijelaskan mereka juga nggak bakal ngerti. nanti sekalinya ada waktu ketemu malah berlomba2 kesibukan, pamer2, seakan2 dia doang manusia paling sibuk, bahkan pak jokowi kerja aja kalah sibuk sama dia, dan lagi aku cuma bisa senyum. di filter aja, kalo kaya gitu ya berarti bukan teman yang baik karna gamau ngerti.

tapi nggak semuanya gitu kok, ada juga teman yang beda jurusan, karena punya kesibukan masing2 jarang main, tapi saling mendukung satu sama lain. "udah fokus aja sama kuliahmu, kita main mah gampang nanti2 aja" "kamu kalo sidang kabarin ya nanti aku dateng". kalo lagi sedih karna sesuatu, tetep ditanya dong "kamu kenapa? blablabla" sampe terharu. nanti kalo ada waktu main, kita sharing2 kuliah kita, kegiatan kita apa aja, "lhoo iyota? wiiii" terus do something fun misal hobby kita kaya gitu haha:D that's a real friend.

ini beberapa temen-temenku diluar fk yaaaaa dan mereka very very kind!



ini temenku SMA namanya Rahmat Faizal alias Ical (@rhmtfaizal), orang terpintar pertamakali yang pernah aku lihat pas sma:( astaga gapaham pinter pol. dia anak Teknik Informatika Universitas Brawijaya. yang Kanan sendiri Rara Cellina (@raracellina) anak Fakultas Psikologi UNAIR, aku kenal rara dari ical pokoknya aku lupa gimana, tapi sekarang dia jadi sahabatku!!!





 ini namanya "lengek" soalnya slengekan entahlah wkwkwwk, dia anak Teknik Kimia ITS, anak band, keren banget lhoooo main gitarnyaaaa. disitu aku cuma gaya2an yha. (@dimaseryzal)



ini anak syantiq hits surabaya, namanya I Gusti Ayu Putri Priyanka panggilanya Ria, anak Teknik Industri ITS rek gila gila wes ayu pinter jomblo lho. (@riapriyanka)

paling kiri Dhia Arista Putri (@dhiaarista) anak FTP Universitas Brawijaya bolonya rara plekkk kita jadi koncoan dunk yha


yang ini geng lari pas liburan! dari kiri (@nikodemusmarco) atasnya (@bhaskaratama) tengah kuning (@dianartj) abaikan yang paling kanan (@alexandertikara) wkwkwk




ini temenku sejak smp, namanya Nadya Erlangga panggilanya apel (@nadyaape), cantik banget. dia anak Kedokteran Hewan, dia sangat mencintai animal terutama kucing.

maaf panjang dan belum masuk ke intinya, saya terlalu bahagia wkwk. itulah bolo-bolo ketemunya cuman pas liburan atau pas lagi kosong hiks hiks syedih. beda ya sama SMA, kalo sma main kapan aja bisa, kalo udah kuliah semua udh punya urusan masing2 jadi repot nentuin jadwalnya, kadang jadi wacana, banyak gagalnya :v wkwkwk

oiyaaaa

kalian harus tau, semenjak masuk kuliah kulitku jadi jelek:D jerawatan full dimana-mana tanpa spasi, sudah macam strawberry shortcake:v padahal pas SMA mulus. kalopun ada jerawat ya satu-dua lucu. sekarang full se pipi. sampe diliatin nggilani gitu:D 
"ih kok bisa gitu sih?" dan lain lain.


ini jerawatan yha makin parah juga makin naik semester:( 

ya aku sendiri gak peduli, jerawatku inilah saksi bisu perjuanganku sekolah di fk, yang menemani aku kemana-mana. aku gak peduli orang bilang apa, ngerasani apa, ato mengasihani aku. untuk orang yang hina2 jerawatku, semoga kalian dan anak cucu kalian tidak akan berjerawat kayak aku seumur hidupnya:) udah gitu aja


dan yang lebih penting, setelah kuliah di FK pemikiranku tentang manusia lain, tentang dunia tentang apapun semuanya berubah, mindsetku seiring berjalanya waktu berubah juga. jadi lebih teratur, terorganisir. karena kalo ga gitu keteteran aku.


oiyaaa aku itu suka banget bercanda. coba tanya orang yang kenal aku, aku orangnya gimana lol. kalo dulu 100% hidupku guyonan, gak pernah serius, sekarang 50% tok paling guyonya wkwk. berkurang gitu...aku makin kesini makin diem, gatau ya males aja ngomong kalo gapenting. males basa basi, males rasan-rasan. kayak....fokusku cuman buat belajar, buat kuliah, buat diriku, keluargaku, sahabatku, sama orang yang terdekatku gitu

Aku jadi mengerti bahwa.......Hidup tidak sebercanda itu:( hidup tiada mungkin tanpa pengorbanan, tanpa perjuangan~

ya begitulah intronya, maaf panjang:)

mari kita mulai....

1. OSPEK 

kesan? melelahkan. secara mental dan fisik aku kaget dong, kemarin liburan panjang berbulan2 terus kerjaanya tiduran aja, tiba2 disuruh kerja lembur bagai quda. ospek ini aku pertamakalinya minum kopi tubruk dan melekan. ngerjain tugas yang ilogic tapi tetep kudu dikerjain. jujur saking stressnya ospek pada saat itu aku sampe alergi gatel2 sekujur badan dan aku tidak tahu kenapa benar-benar biduren, terus aku konsul dokter di rumah sakit katanya dokter alergi yang dipicu oleh stress (iya sampe gitu karna pressurenya berat). 


walaupun lelah dan sebentar, tapi menurutku ospeku sangat berfaedah. hal yang kudapatkan saat ospek:

aku sangat diajarkan tentang menghormati SIAPAPUN orangnya tanpa pilih-pilih mau dia kaya-miskin, cakep-jelek, pinter-basic, nagh eksis-nagh cupu, Dosen-Dokter-Civitas Akademika, Pak sapu-pak parkir-pak bawa absen, SIAPAPUN harus hormat. kami diajarin untuk senyum/sapa/mantuk (you know mantuk?jowo only) dengan orang yang kita jumpai/papasan gitu, karena nantinya kalo sudah jadi dokter kita harus sopan dong, pasien kita harus dihormati. kalo kita sombong, senyum gamau, jutek dan gapeduli, pasienya kabur!!!hahah!!

ini sangat berguna bagi aku...jujur sebelumnya aku adalah orang yang apatis, tidak pedulian dengan lingkungan, dengan orang lain, kalo dijalan ketemu orang yang aku lakukan adalah? boro2 nyapa, aku pura-pura hapean haha! padahal cuman lock-unlock hape, segitunya karena aku emang antisosiyel bodo amat dah, apalagi sebagai generasi Z hehehe tapi semua berubah setelah ospek, aku jadi pribadi yang ramah 

lalu diajarin juga menulis dengan sangat cepat haha. berguna lho, karena beda sama sma, kalo kuliah dosen ngomongnya cepet, jadi kita harus telinga kelalawar (omongan dosen), mata elang (sambil liat PPT yang sedang tayang), tangan secepat cahaya (tulis dengan kekuatan super), buat adek-adek yang belum kuliah, ini sungguh terjadi ya.

diajari juga buat menghargai waktu, lalu kerja kelompok yang intinya sebagai seorang dokter nantinya kita tidak bisa bekerja sendiri, nantinya kita akan dibantu oleh suster, perawat, apoteker, dan berbagai macam pihak, jadi ojok sombong lah we cant do it alone, we need each other.

apalagi ya sek aku lupa haha it was 3 years ago, harusnya aku ketik ini 3 years ago juga biar lengkap!!! tapi yaudahlah, itu ospek...
eh maaf pengkaderan deng bukan ospek:)

SEMESTER 1

ini masa peralihan dari masa SMA ke KULIAH, Masih sangat terasa sekali euphorianya, masih suka foto-foto pake jas lab. terus kemana2 dikampus pake jas lab, ke kantin pake jaslab, eek pun pake jas lab, meskio panas ya gaya aja pake jas lab, sepertinya para maba tipe begini mendapatkan semangat belajarnya saat pake jaslab lol. 

saat ujian ada yang nilainya jatuh ada yang tinggi, biasanya: yang jatuh: belum menemukan cara belajar yang tepat, karena masih masa transisi dari SMA istilahnya masih kaget, yang nilainya tinggi: emang pinter dari janin, udah nemuin cara belajar, semangat euphoria masih ada lol. 

disini kami di sibukan dengan kegiatan maba yang disuruh wajib ikut ini itu sehingga pulangnya malem-malem, kena marah kakak kelas. sibuk? iya tapi sibuk tugas ospek, bukan kuliah.

matkul yang paling top: Biomed (Biologi Medik), Bioetik (Etika Kedokteran) masih pelajaran yang basic dulu:D



Ini kelompoku yang NIM nya berdekatan kayak duduk diangkot

SEMESTER 2

Bagaikan dihantam 10 Boto tapi ora ketok, ini adalah masa sulit yang pertama kali bagi kami, belum lagi ada banyak kegiatan kepanitiaan wajib karna status kami masih maba, semakin pusing lah kami. kali ini sibuk kuliah+ospek+kepanitiaan, berangkat saat matahari terbit, pulang saat matahari terbenam. kalo kemarin biomed nilainya banyak yang bagus-bagus, disini banyak yang jatuh, hanya yang benar2 berotak encer yang dapat mempertahankan semua nilai, karena anak yang biasa aja macam aku akan mencoba fokus di salah satunya lalu merelakan satunya. yah gimana dua duanya susah, jadi harus milih terpaksa:" itulah namanya strategi, masing2 anak punya strategi berbeda....secara banyak yang harus dipelajari. karna semester ini kita masuk ANATOMI, HISTOLOGI SKS nya besar-besar dimana keduanya adalah full hafalan, kon ga hafal=matek. tapi kami masih membawa semangat euphoria maba jadi masih kuat!
"opo ora eman uripe, gentak gentak joz"

Ini adalah momen yang ditunggu2 oleh mahasiswa FK dan sekaligus ditakuti, karena BEDAH CADAVER. Cadaver adalah mayat, ya mereka adalah guru kami. Seminggu 2-3 kali harus terpapar formalin selama berjam-jam, dan rasanya panas, perih dimata, belum lagi hidung mbeler-mbeler, makanya ada yang pake masker didobel 2 lalu tengah2nya diselipin bungkus teh/kopi. saat bedah kami mencari persyarafan, otot atau musculus, pembuluh darah dan percabanganya kemana dll. seru! tapi bedahnya capek:D mencari struktur tidak semudah itu. kalo mau tau: Anatomi terbagi atas tiga paket, Paket 1: Ekstremitas atas dan Bawah (ini masih mending), Paket 2: Tentang organ dalam, hati jantung paru, lidah juga ada. Paket 3: Otak (Allahuakbar). kalo histologi ada paket 1 dan 2, jadi itu tentang jaringan yah, jadi jaringan diiris sangat tipis nanti ditaruh di objek glass diberi pewarnaan tertentu lalu dilihat di mikroskop.
astagaa ini jaman anatomi:):):) yang kiri hanya bergaya sajaa

aku inget banget pertamakali buka buku anatomi, bahasanya bukan bahasa manusia wkwk misalnya bilang depan:anterior, bawah:inferior, atas:superior, bilang perut: abdomen, dada: thoracal, dulu bilang "saraf" sekarang bilang "nervus", dulu ditangan ada "urat" skrg bilangnya venaa. dulu kalo tangan sobek berdarah terus bilang "kelihatan dagingnya" kalo sekarang ketawa, soalnya lapisan dibawah kulit itu bukan daging coy tapi lemak. dan itu otot bukan daging:( astagah. entahlah bahasanya bukan manusia. belajar anatomi aku sampe gak tidur-tidur, terus sambil nangis nangis soalnya gak faham-faham:D tapi itu adalah dasarrrr jd kudu dilewatin yhaaa kudu paham benerrrr karena berkaitan dengan ilmu selanjutnya.

SEMESTER 3

agak bisa bernafas lega, pulangnya siang tapi bisa sampe malem karena kepanitiaan wajib. matkul utama: FAAL DAN BIOKIMIA~~ 

jujur faal sangat menyenangkan sekali, tapi pas ujian malah bagusan nilai biokimia:D LAAH aku tidak suka kimia fyi, partikel kecil yang tak dapat dilihat, aku bingung! haha. kalo faal itu belajar tentang fisiologis tubuh, normalnya tubuh itu gimanasih? gitulah...

nah kalo biokimia, inget ga pas SMA belajar "siklus krebs" ATP dan teman2nya, nah ya itu salah satunya, tapi di biokimia bakal dikupas lebih lebih lebih dalam lagi. 

disini juga diajarin matkul GELS (General Emergency Life Support) yang ke 1, kita diajarin buat pertolongan pertama dalam keadaan darurat kayak pijat jantung, terus dilihat ABC Airway Breathing Sikulasi dll. ujianya macam OSCE gitu, berasa dokter sungguhan. pas ujian diuji sama PPDS Anestesi, alhamdulillah pengujiku pas itu baik + ganteng (eh wkwk), pas lupa lupa dikasih clueee astaga jazakumullah dok






oiyaaa disini kita uda punya adek kelas lho, ciee udah gak maba lagi... bagi yang mau ikut bisa ikut "mengkader" juga... aku ikut lho btw tahun ini, tapi tahun berikutnya gak mau lagi. karena pada dasarnya aku manusia yang mager, lebih baik ke pulau kapuk dari pada marahin anak orang dihari libur.

SEMESTER 4 

mulai hectic lagi. karena saat ini kepanitiaan yang megang adalah angkatan kami. misalnya dekan cup (acara rutin tiap tahun buat mahasiswa preklinik, dosen, ppds) apapun kepanitiaanya aku selalu pilih trasnkom. Kali ini dekan cup aku sebagai wakil divisi transkom lol, pertamakalinya menjabat jadi mahluk penting. oiya, pertnyaan "kenapa dalam setiap kepanitiaan aku selalu pilih transkom?" karena--> kerjanya cuman hari H (banyangin divisi acara kerja dari jauh jauh hari), terus gapake otak cuma tenaga aja sama bensin, bensin pun diganti:D lumayan hemat waktu dan tenaga bisa dipake belajar....mager aslinya ikut, tapi kudu dan wajib eh:D tapu pas udah ikut ketagihan, ternyata seru. lebih seru timbang kuliah. 


keren ya? iya biar yang belakang kelihatan.

matkul major: PARASITOLOGI dan MIKROBIOLOGI. kalo parasit kita belajar tentang Cacing, serangga misalnya nyamuk pembawa demam berdarah, plasmodium yang membawa penyakit malaria. kalo Mikrobiologi kita belajar bakteri dan virus, misalnya kalo pasien Tuberkulosis kena bakteri Mycobacterium Tuberculosis, terus virus H5N1 juga ada...

disini ada matkul menarik tentang modul tropis, dimana aku dapet tentang Enterobiasis alias CACING KREMI. jadi aku mendatangi rumah warga yang digang-gang kecil, mencari alamatnya susah...lalu aku periksa apakah dirumah itu anaknya kena cacing apa engga. caranya: pagi buta aku kerumah pasien, saat anak tersebut sedang terlelap aku dan ibunya membuka celananya, lalu kami belah pantatnya, dengan solatip aku tempelkan. mengapa begitu? iya harus begitu, karena cacing kremi memiliki kebiasaan meletakan telur-telurnya di anus pada malam hari, jadi pagi hari sebelum sianak pemilik pantat terbangun untuk cebok membilas pantatnya lalu telur2 kremi akan tersapu air, makanya harus pagi hari....lalu aku meminta spesimen feses dari anak tersebut, begitu dapat aku langsung ke lab parasit di kampus periksa ada cacing apa engga pake mikroskop:D + ngasih edukasi kepada ibu sang anak tsb.

oiya di semester ini kita udah bikin proposal penelitian yaa....udah mulai ambil topik penelitian, masing2 mahasiswa memilih bidang yang mereka minati. disini nanti bakalan ada drama kejar2an sama dosen bimbing:D biasanya kalo dosen klinik kan sibuk jadi agak susah ditemui, kadang juga kena PHP jugaa...

Aku ikut organisasi CIMSA sebagai anggota SCORA (Standing Committee On Sexual & Reproductive Health). Kerjaku cuma team hore aja sih rame-ramean, nggak menjabat apa2 karena malas wkwk  astaga maafin aku. ini momen pas kita memperingati Worlds Aids Day atau Hari Aids Sedunia!


SEMESTER 5

ini adalah semester dimana sudah ga diribetin kepanitiaan lagi, tetep ada kegiatan kampus tapi opsional gak wajib. semua pilihan, mau jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang), kupat (kuliah rapat) dll. disini semangat mahasiswa sudah sangat turun, masa transisi sudah hilang jadi jiwa sudah benar2 pure nagh kuliahan, euforia ilang, mahasiswa yang datang ke perkuliahan raganya dikelas jiwanya sudah di Bali, bromo, wisata kuliner dll. 


kuliah berasa bulan madu,,,

mata kuliah mayor: FARMAKOLOGI dan PATOLOGI ANATOMI. farmakologi belajar tentang obat-obatan, mechanism of action dari obat, efeknya kemana, untuk apa, side effectnya apa, dosisnya berapa. ini membutuhkan hafalan dan pemahaman. angkatanku hampir semuanya jatuh nilainya. kalo patologi anatomi itu membahas tumor dan penyebaranya, jaringan. disini ketemu mikroskop lagi, lihat jaringan abnormal. dan ada sediaan tumor secara anatomi juga, lihat konsistensinya, bentuknya gitu...



prince Fabian dan princess Abigail tertangkap sedang serius (biasanya cubit2an, ngobrol2 manjah), dua sejoli karna nim atas bawah.

disini ada mata kuliah menarik yaitu modul GELS (General Emergency Life Support) kalo semester 3 GELS 1, ini GELS 2. disini kita diajarin teori dan praktek buat menolong korban bencana, simulasi korban bencana yang diair, didarat, terus juga ke lanudal. diajarin buat evakuasi korban bencana ke helikopter, tapi sayang doi ga terbang... SERU BANGET tapi. saat itu merupakan hari sunblock sedunia karena satu angkatan wedi gosong....

  ini foto pas lagi modul GELS II 


SEMESTER 6


disini kantung mata mahasiswa sudah seperti ini teh kantung bundar sari murni yah, tapi rasanya nggak enak sekali (kan kalo sari murni enak, ini gak enak) #plakkk. semangat sudah loyo. sebagian mahasiswa nyawanya sudah separuh. separuh untuk hidup, separuhnya lagi buat kuliah dan penelitian. 



bobo dulu ah 5 menit.....eh tangi-tangi lima jam:D



disini kami sudah mulai gak bergerombol, I mean gak kaya semester satu yang klop banget, berbondong-bondonk... yah itu WAJAR karena semua sudah urusane dewe-dewe, semua sudah punya urusan masing-masing...penelitian sudah merupakan tanggung jawab sendiri...gak garap=mati...

oiya untuk pelajaranya kami sudah mulai masuk pelajaran klinik yang nantinya merupakan materi DM (dokter muda) 1...

MATKUL: INTERNA (Penyakit Dalam), PEDIATRI (Ilmu Kesehatan Anak), FORENSIK, PSIKIATRI (Jiwa), FARMASI, NEURO (syaraf), RADIOLOGI, KULIT KELAMIN....

Kalo disitu menurutku yang paling susah pediatri, karena tau sendiri lah untuk anak jangan coba-coba...wkwwk, yang kedua interna karena itu banyak materinya, pedi juga banyak.



kang daniel dikelilingi fans,,,


penyakit dalam: wah lebar ini karena divisinya banyak juga, ada yang endokrin: misal diabetes melitus, ada yang hematologi (misal: leukimia), onkologi, ada yg ginjal, dll banyak!

psikiatri keren belajar tentang skizofrenia, amnesia, bipolar, dll. kalo belajar psikiatri aku kayak mempelajari diriku sendiri:D

forensik? kayak deketktif conan! mengetahui cara kematian, wajar/ga wajar, visum et repertum, mengetahui jam kematian melalui kaku mayat dll. 

Radiologi keren, teknologinya canggih2 dan tedepan! tapi untuk menguasai radiologi harus buka anatomi lagi yah...

Kulit? paling suka part Acne Vulgaris ya, wajahku sendiri lol. 

Neuro? yaa tentang otak dan syaraf, misalnya penyakit stroke...


cutie marsheila (@marsheharvy)

tambahan:

1. Setiap hari masuk pagi jam 7 dan pulang sore hari jam 4-5. kayak anak sekolah FULL DAY. Tidak ada perkuliahan malam yah...yakali membedah mayat malam-malam:D 

2. semester 1 sampe semester 5 masih ada praktikum sampe sore-sore, nanti semester 6-7 pulangnya siang tapi ada beban psikis berupa penelitian:D

3. Kami gaboleh pakai KAOS, harus selalu kemeja yaaa yang berkerah lah ya. kadang kala polo juga gak boleh. tidak boleh pake CELANA JEANS harus celana kain yah dan itu gaboleh ketat. tapi beberapa mahasiswa mokong sih (aku) hahaha but mostly tidak ada, dan semuanya rapi. 

4. sejauh ini aku tidak pernah liat species mas mas GONDRONG di FK lol jadi aku kurang tahu juga sebenernya gondrong itu boleh/engga di FK. tapi mostly semua potonganya rapi rapi. kadang kalo berkunjung ke fakultas lain aku suka kaget2 banyak mas2 yang sudah kayak iklan herbal essencess....saya sebagai wanita berasa fail gituh.


biar hemat bawa makan dari rumah gausah kekantin



5. kita kalo ujian ada 2 macem, Teori sama Praktek. teori biasanya 100 soal, dan soalnya nyabang lagi wkwkwkwk. ada yang A,B,C,D,E. Terus "dibawah ini yang benar adalah?" 1,2,3,4 kalo A=1,2,3 , B=1,3 , C=2,4 , D=4 terus ada sebab akibat juga. A= BENAR-BENAR BERHUBUNGAN B=BENAR-BENAR TIDAK BERHUBUNGAN C= BENAR SALAH E=SALAH SALAH. Jadi even soalnya 100 tapi rasane kayak 200 wqwq, kita kayak kudu ngerti a b c d e opo, berhubungan engga. kalo tak liat kok kayak soal sbm ya modelnya:( embose. tapi soal macam inilah yang membuat kita mengupas lebih dalam.

4. semester 1 sampai 5 ada matkul namanya TRAMED yaitu ketrampilan medis. pemeriksaan refleks, cara merawat luka, pemeriksaan kehamilan, penghlihatan, pemasangan infus, dll. nanti ujianya namanya osce:D

5. Semester 1 sampe 5 juga ada PBL, Problem Based Learning...berisi tutorial 3x pertemuan dan 1x Pleno, dimana kelompok terbaik akan maju...nanti kita dikasih sebuah kasus, misal: "seorang wanita berusia xx mengeluh nyeri disebelah blabla".... nanti kita diskusiin sama kelompok, bagi2 tugas bikin mind map, learning issues, yang dipandu sama dosen. mungkin nama lainya: focused group discussion...nah nanti ada namanya pleno, dimana semua kelompok dikumpulin jadi satu, nanti dipilih kelompok terbaik yang mana. lalu kelompok yang terbaik maju didepan satu angkatan dan presentasi menggunakan bahasa inggris full yah. nanti buat diskusi tanya-jawab juga inggris. 



weee ini grupku menang pleno lhoooo guaya yhoooo

6. apalagi ya? oh iya kita kebiasaan kalo papasan sama siapapun dilorong atau dimanapun di kampus kita pasti akan senyum, terutama sama dokter dan prof...biasanya kalo gak nyapa itu maba yang pengaderanya kurang lol. 

7. matkul yang aku sebutkan itu belum semua yah, masih banyak modul-modul tapi aku ga sebutkan semua, jd yang kusebutkan hanya yang mayor ajaaa....Modul tuh banyak, misalnya modul metabolisme, modul human structure, human function, human interaction, terus modul tropis, apalagi yaa banyak

8. kalo ujian ada 100 nomer terdiri dari pilihan ABCDE, terus 1234 mana yg bener entar ABCD, terus BENAR dan SALAH. terus adalagi ujian OSCE, ketrampilan medik, kita jadi dokter yg memeriksa pasien mulai dari anamnesis terus tensi, pemeriksaan thorax, abdomen, tergantung stase yaa...dikasih waktu 6 menit, ada jg yang 12 menit sih...semua fk ga sama, ini fk ditempatku gatau kalo yang lain.


pertamakalinya baca textbook full inggris, belajar setiap hari tak cicil, ke starbucks ngabisin duit buat ngerangkum (karena dirumah ngantuk), merasa paham dan percaya diri tapi pas ujian dapet D wkwkwkw. eh ternyata seangkatan banyak yang gak lulus juga wkwkwkwk (syukurlah aku tak sendiri)

9. karena jadwal perkuliahan yang padat, aku jarang sih liat anak fk cangkruk manja, terus rokokan sore2 sambil sebul2. jarang ada. biasanya sambil cangkruk ya sambil belajar. yang cewe, misalnya hobby ngegosip, itu lucunya sambil belajar juga:( dimana-mana belajar, ujian masih H-1 BULAN KITA UDAH GUPUH udah mau kiamat rasanya....sama sekali gabisa sistem SKS, Semua nyicil. SKS? MATI. kalo ada waktu dari pada cangkruk mendingan buat tidur sih. makanya kalo aku masuk kuliah aku gabakal main2, kalo main ya sama temen kuliahku. tapi begitu libur semesteran? wooooo main sampe mampus!!!! *balas dendam ceritanya*

10. apalagi ya aku bingung, nanti kalo ada waktu lagi aku tambahin deh...happy reading and happy fasting hehehe maaf nanti tulisanya bakal aku rapiin lagi, ini aku ngantuk pol bye:( 

doain aku yaa teman-teman agar bisa lulus dengan tepat waktu supaya nggak makin merepotkan kedua orang tuaku:(

semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat buat kalian, semoga kalian berbahagia dan sukses selalu, amin.....


wassalamualaikum....


Comments

  1. Kak aku pen masuk fk tp ragu otak takut gakuat:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama :( tapi kudu yakin lah!

      Delete
    2. Terimakasih sudah baca yaa, maaf baru balas. Dicoba dulu, jangan takut dulu:")))

      Delete
  2. Sukses kuliahnya kakπŸ€—, makasih udah bagi pengalamannyaπŸ€—πŸ€—πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga sudah membaca, semoga bermanfaat yaaa:D

      Delete
  3. Hai sandra aku juga anak fk angkatan 2015, salam kenal.. berarti sekarang kamu udah koas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha sandra:") iyaa otw coass tahun kedua, semangat ya buat kitaaa! salam kenal jugaa

      Delete
  4. Replies
    1. terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat :D

      Delete
  5. Kakkk aku pgn bgt masuk dokter! Tpii ? Otak ku ga nyampe kudu gmna 😭πŸ₯Ί

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti nyampe!! belajar pasti ada jalan Tuhan bantu :) Aku jg bisa diblg otak setengah2 kebawah tapi kmrn test Puji Tuhan lolos walaupun swasta ya karena Corona Negeri lama bgt takut jg ga keterima haha

      Delete
    2. wah sudah dijawabin, betul itu:") pokoknya jangan takut dulu sebelum berperang, berani ambil risiko...makin besar risiko yg diambil emang peluang kegagalan semakin tinggi, tapi disisi lain begitu kita dapat hasilnya pasti lebih besar...kalo kita takut terus maka kita bakalan ada di zona nyaman terus, untuk itu berani ambil risiko, berdoa, insya Allah Allah kasih jalan:") semangat yaa, semoga berhasil!

      Delete
  6. Kak mau tanya , apakah setiap hari ke kamar mayat untuk praktek? , Apa ada jadwal nya sendiri , please jawab ya kak :)), thank you:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bukan ke kamar mayat yaaa, tapi ke ruang praktikum anatomi...kalo ke kamar mayar nanti belajar forensik dong:")

      Dulu sih seingetku ga setiap hari, soalnya selang seling antara praktikum anatomi dan histologi...memang udah dijadwalkan sedemikian rupa full satu semester...terus ujian deh:")

      Delete
  7. Ditunggu lanjutannya yaa kak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts