Kehidupan DM BLV part 1/1000

Sebelumnya aku mau ngucapin: 

Happy new year 2020!🖤🖤🖤

Banyak hal yg terjadi ditahun 2019, baik suka, suka maupun yang bikin murka(?) yang musti kita syukuri, mungkin ada yang merasa tahun 2019 itu tahun sial, tapi siapa sangka kalo kesialan itu membuat kita semakin dewasa dan mahir dalam menyelesaikan masalah demi masalah yang datang dalam kehidupan kita, iya ngga iya ngga? Lol

Sebenernya aku nggak ngerasa gitu 2019 bakal secepat ini berakhir, karena mungkin aku lagi sibuk sibuknya kali ya jadi ga kerasa? Iya, jadi DM alias dokter muda lol.

Aku bakal sharing pengalaman aku menjadi DM yaaa selama 2019 kemarin.

Sekitar 18 Februari, 2019 aku udah mulai jadi DM, Which is hampir 1 tahun aku jadi DM.
Percayalah, jadi DM itu gak mudah,
Disini dibutuhkan mental yang kuat, lebih kuat dari pre-klinik kemarin,
Aku juga nggak nyangka aku bisa ngelewati ini semua, termasuk stase yang paling berat sekalipun udah aku lalui (tapi kalo ditanya hasilnya, udah lulus apa belum, jujur nehhh aku nggatau huhu karena diumuminya baru entar pas yudisium)

Jadi DM itu nggak enak loh,
Diluar mungkin orang mikir “wah, Dokter Muda” atau bahkan orang tuaku sendiri juga suka cerita ketemen-temenya tentang aku, gimana aku belajar dll, Jujur beban banget sih, karena ekspektasi
Orang-orang bakalan tinggi gitu,
Padahal kenyataanya aku disini pangkat terendah, yang biasanya dimarahin dan disuruh-suruh...dan paling tolol tentunya (bu/pak perawat luar biasa jago2)😂😂👌🏼

Jadi DM juga berat,
Selain butuh tenaga ekstra kita juga butuh mental yang kuat...

Tenaga ekstra buat apa? Ya karena selain kuliah (rata-rata sih dari jam 7-2 sore, tergantung kebijakan depatermen masing2) kita harus jaga (ini kalo dapet giliran aja)
Rata2 kita kalo jaga misal weekdays dari jam 2 sore-7 pagi, kalo weekend 7pagi-7malem atau sebaliknya.
Jadi misalnya hari senin kita kuliah nih jam 7 pagi masuk, pulang jam 2 siang. Kalo ga dapet giliran jaga bisa langsung pulang, kalo misalnya dapet giliran jaga berarti langsung ganti baju jam 2 sampe jam 7 pagi jaga lol. Nggak pulang kerumah, mandi di RS, Makan di RS. Jadi gak heran kalo RS adalah rumah kedua kita.

Jaga tuh ngapain aja sih?

Tergantung kita lagi stase apa/putaran apa, besar/kecil...
Misalnya kalo Interna, jaganya lebih SOROOO hahahaha alias pegel,
Bisa disuruh:

- Ambil darah vena (phlebotomy) ato arteri (BGA) kalo aku nih, mendingan ambil BGA dari pada vena, soalnya BGA walaupun ga kelihatan yang penting denyut nadi kerasa, tinggal tusuk nanti darahnya bisa naik sendiri deh, soalnya tekanan arteri kan besar jd kadang kalo gausah di tarik udh keluar sendiri, nah kalo ambil darah vena nih susahnya kalo ga keliatan karena kulitnya gelap sering gadapet wkwk, jadi kalo ada karet atau alat yg buat mbendung darah gitu baru keliatannn
- Nebul/uap (kalo diparu banyak ini mah pasien yang sesek sesek)
- Suction, kalo pasien gasadar terus cairanya numpuk dimulut, biar gak aspirasi disuction. Kadang supaya cairanya keluar di uap dulu.
- EKG: untuk mengetahui jantung itu bekerja dengan baik atau tidak
- Bagging wash out, adalah fungsinya nanti kalo masuk kedokteran tak jelasin
- Kumbah lambung, buat evaluasi isi lambung. Dulu pasienku habis hematemesis alias muntah darah, dia gak diperkenankan untuk makan dari mukut, tapi dari selang. Nah saat lambungnya sdh mulai membaik baru boleh makan lewat mulut, cara evaluasinya adalah masukin cairan PZ ke lambung lalu ditarik, apakah masih ada darahnya tidak begitu.
-GDA, untuk evaluasi gula darah diabet ngga, atau kurang gula ngga
-TTV/Tanda-tanda vital, Ada empat komponen tanda vital utama yang harus dipantau secara rutin oleh tenaga kesehatan yaitu tekanan darah, denyut nadi, laju pernapasan, dan suhu tubuh.
- Misalnya pasienya henti nafas, kita biasanya lakuin RJPO atau pijat jantung, tergantung keluarga menyetujui apa engga. Kadang ada yang DNR atau “Do Not Resuscitate” jadi kita tidak lakukan tindakan tsb
- Koreksi, misalnya pasienya hipokalem/hiperkalemi, hiperglikemi/hipoglikemi, dll, kita bakal balance supaya tidak hiper maupun hipo
- Yang sisanya mah kayak ganti infus, suntik insulin dan lain lain, untuk ngerawat pasien sesuai dengan kondisinya seperti apa.
- Apalagi ya? Apa ada yang terlewatkan?

Ya kurang lebih seperti itu yang dilakukan DM kalo jaga, terus yang di rawat ada 50 an lebih pasien, eak eak eak ga tidoer

Jujur kalo aku sih lebih suka jaga IGD dari pada ruangan
Tapi tergantung sih stase apa dulu hehehe
Kadang nggak sukanya kalo jaga IGD itu harus morning report atau MR

Apasih itu morning report?

Kalo kita jaga IGD kan otomatis kita yang serah terima pasien baru, nanti kita observasi dari anamnesis, pemeriksaan fisik, penunjang seperti foto thorax dll. Harus tau diagnosisnya apa, kenapa dia dibawa kesini dan lain lain.

Nanti kita bakal rangkum/catat dibuku jaga, kita bikin PPT yang manis, besok paginya presentasi didepan dokter staff senior. Biasanya gak cuma presentasi, kita bakal ditanyain mati-matian mengenai kasus itu, bakal dihabisi lah ya istilahnya hahaha. 

Bayangin nih bayangin, 
Aku ulangin yaa Jam 7 pagi masuk, pulang jam 2 siang. Kalo jaga berarti langsung ganti baju jam 2 sampe jam 7 pagi jaga. Terus selama 17 jam nggak tidur, kerja bagai kuda, terus pas pagi hari harus segera mandi dan morning report ala ala yang dibantai macam itu lolol. Setelah morning report dilanjutkan kuliah seperti biasa sampe sore.

Jadi itunganya nggak tidur bisa hampir 48 jam loh, tetapi dalam 48 jam itu kita dituntut untuk selalu fit dan harus menggunakan otak terus. Padahal logikanya kalo nggak istirahat, kita bakal capek, otak bakal capek, dan kita bakal susah bekerjasama sama otak hiks

Kondisi capek seperti itu bukan kondisi yang bagus buat fisik dan mental health dan fisik loh guys...makanya kenapa banyak dokter yang sebenernya stress ya karena emang stressornya besar, tuntutanya besar

Aku bukan menakut-nakuti teman-teman sekalian, tapi emang itu kenyataanya. Aku cerita kaya gini ingin berbagi aja, bukan bermaksud mengeluh...karena aku yakin masih ada pekerjaan yang lebih menguras otak dan tenaga selain ini lol, cuman cara kita spent tenaga, otak sama waktu begitu gaesssss

HAHAHAHA MAAF MENGELUH TERUS

Next aku bakal sharing mengenai pengalaman DM per stase, kalo ini kan hanya secara general aja. Oke see you later guys!
Ini video aku jaga terakhir pediatri di IGD, ceritanya lagi nulis buku jaga di pantry




Mohon doanya ya guys semoga kita bisa lulus dengan tepat waktu, ilmunya bisa digunakan untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan, aminnnn❤️ Semoga kalian sehat selaluuu


Comments

Popular Posts